Sabtu, 01 Oktober 2011

SUPERVISI AKADEMIK

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
SUPA’AT Kepala SMP Negeri 4 Bantan, Bengkalis 
Email :supangat72@gmail.com

  Abstrak 
Keberhasilan seorang guru dalam menjalankan tugasnya dapat ditinjau dari segi proses dan segi hasil. Dari segi proses guru dikatakan berhasil apabila mampu melibatkan sebagian besar peserta didik secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran. Sedangkan dari segi hasil, guru dikatakan berhasil apabila pembelajaran yang diberikan mampu mengubah perilaku sebagian besar peserta didik kearah penguasaan kompetensi dasar yang lebih baik. Keberhasilan dari segi proses maupun dari segi hasil yang diperoleh oleh guru tidak terlepas dari kemampuan dan motivasi guru dalam menyusun perencanaann, maupun pelaksanaan dikelas. Selama ini motivasi guru di SMP Negeri 4 Bantan dalam membuat rencana pelaksanaan pengajaran ( RPP ) masih kurang. Dari jumlah guru yang ada, persentase guru yang membuat RPPbaru sekitar 41,2% . Rendahnya motivasi guru dalam membuat RPP salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemantauan langsung terhadap pelaksanaan pengajaran ( supervisi akademis) Untuk mengatasi hal ini kepala sekolah melakukan tindakan supervisi terhadap proses pelaksanan pengajara. Hasilnya setelah dilakukan tindakan selama 2 siklus persentase jumlah guru yang membuat RPP sebesar 80,8% atau meningkat sebesar 51 % dari sebelum tindakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar